Kabut Asap Meluas, 'Spiderman' Ikut Turun Tangan Padamkan Api Kebakaran Lahan di Kalimantan

Senin, 23 September 2019 | 17:30
Tribun Pontianak/ Destriadi Yunas Jumasani

Terlihat aksi super hero Spiderman membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan kebakaran lahan gambut di Kalimantan Barat

Suar.ID - Lebih dari satu bulan kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kalimantan belum bisa dipadamkan.

Seluruh aparat negara dan masyarakat sekitar berbondong-bondong menghentikan kobaran api tersebut.

Salah satunya adalah aksi dari 'Spiderman' ini.

Baca Juga: Katanya Terpelajar, Sekelompok Mahasiswa Malah Lecehkan Seorang Polwan Saat Demo, Kapolresta Tanggerang Sampai Angkat Bicara

Terlihat sang super hero 'Spiderman' membantu petugas pemadam kebakaran Pandu Siaga memadamkan kebakaran lahan gambut di dekat Perumahan Nuansa Serdam Residence, Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Jumat (20/9/2019) sore.

Tribun Pontianak/ Destriadi Yunas Jumasani
Tribun Pontianak/ Destriadi Yunas Jumasani

Terlihat aksi super hero Spiderman membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan kebakaran lahan gambut di Kalimantan Barat

Spiderman yang turun tangan dalam peristiwa ini merupakan ulah seorang warga yang mengenakan pakaian mirip super hero di film Spiderman.

Aksi ini sebagai dukungan kepada petugas yang tak kenal lelah melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga: Liburan Ke Luar Negeri Tapi Kelewat Ngirit, Pria Ini Ajak Istri dan Bayinya Tidur di Taman, dan Hanya Makan Biskuit

Diberitakan sebelumnya, dua orang relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Rumah Zakat Pontianak juga mengalami sesak nafas saat berjibaku padamkan api kebakaran hutan lahan (Karhutla) pada Kamis (19/9/2019) malam di Komplek Bhayangkara Sui Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya.

Branch Manager Rumah Zakat Pontianak, Asrul Putra Nanda, ‎membenarkan dua orang relawannya itu yakni Dewa Indra dan Rizky yang merupakan relawan Rumah Zakat Pontianak sebagai relawan Damkar.

"Informasi saya peroleh dari Rizki, ia bersama rekannya bersama membantu petugas Damkar swasta yang memadamkan api karhulta di belakang komplek Bhayangkara Sui Raya dalam," ujar Asrul pada Jumat (20/9/2019).

Baca Juga: Viral Video dan Foto Fenomena Langit Merah di Jambi, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Beri Penjelasan

Dikatakan bahwa di lokasi karhutla, asap kar‎hutla cukup tebal dan sangat pekat.

Mereka terkontaminasi asap padahal sudah gunakan masker yang paling bagus," kata Branch Manager

‎Lanjutnya, setelah relawannya mengalami sesak nafas, langsung mendapatkan pertolongan pertama medis dari tim medis PMI, kemudian di rujuk ke Posko Oksigen.

"Mereka berdua di bawa ke Posko Oksigen Rumah Zakat, karena sesak nafas dan mata perih, tapi syukur sekarang kondisi keduanya sudah kembali sehat dan normal," pungkasnya. (Destriadi Yunas Jumasani)

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judulAksi Spiderman Padamkan Api Karhutla di Pontianak, Ini Foto-fotonya!

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Tribun Pontianak

Baca Lainnya