Sejarah Kelam Kecelakaan yang Terjadi di Tol Cipularang Km 90-100

Rabu, 04 September 2019 | 15:00
Dok. Polres Purwakarta

Sebuah Truck Mitsubishi Colt Diesel terbakar dan gosong dalam kecelakaan di Tol Cipularang, Senin (2/9/2019).

Suar.ID -Tabrakan beruntun terjadi di KM 91 Tol Cipularang dari arah Bandung ke Jakarta yang melibatkan setidaknya 21 kendaraan.

Tabrakan beruntun yang terjadi pada Senin (2/9/2019) sekitar pukul 13.00itu membuat sejumlah kendaraan yang terlibatinsiden tersebut hancur dan terbakar.

Bahkan satu unit Toyota Avanza warna silver, terbang puluhan meter ke sebuah kebun yang berada di sisi kiri KM 91 Jalan Tol Cipularang.

Kondisi Avanza ini hancur.

Tak jauh dari Toyota Avanza silver, satu unit truk terlihat menggantung di badan jalan, bahkan hampir jatuh ke sisi kiri jalan.

Sementara di tengah jalan, sejumlah kendaraan terlihat ada yang saling bertumpuk, ada yang tertindih truk, dan bahkan ada yang terbakar.

Baca Juga: Didatangi Jasa Raharja dan Diberitahu Ayahnya Tewas dalam Kecelakaan Tol Cipularang, Anak Korban Histeris dan Tinggalkan Rumah

Petugas masih terus melakukan evakuasi terhadap korbanjuga kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Berdasarkan laporan dari Tribunnews, Menurut Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricki Adipratama,sampai saat inikecelakaan beruntuntersebut telahmemakan 6korban jiwa dan 8 orang luka-luka.

"Enam orang meninggal dunia, lima orang kondisinya hangus terbakar. Ada delapan orang luka-luka," kata Ricki dilansir dari Tribunnews.

Daftar kecelakaan di Tol Cipularang Km 90-100

Tribun Jabar
Tribun Jabar

Mobil ringsek akibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang Purwakarta, Senin (2/9/2019).

Rupanya, kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang Km 91 yang terjadi Senin (2/9/2019) kemarin bukan merupakan kecelakaan pertama yang terjadi di Tol Cipularang km 90-100

Sejak beroperasi 2005 lalu, tol ini selalu memakan korban jiwa karena kecelakaan, baik itu kecelakaan tunggal maupun beruntun.

Berikut adalah daftar kecelakaan yang terjadi di ruas Tol Cipularang km 90-100, dalam rentang7 tahun terakhir, sejak 2012 hingga 2019.

2012

Padaakhir2012, tujuh orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka dalam kecelakaan lalu lintas di jalan Tol Cipularang Km 100 pada titik perbatasan Purwakarta-Bandung, 22 Desember 2012.

Kecelakaan itudiakibatkan tabrakan antara dua kendaraan, bus pariwisata Perusahaan Otobus Tristart dengan sebuah truk tronton.

kecelakaan tersebut terjadi setelah bus yang membawa wisatawan itu melintasi jalan Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta dengan kecepatan tinggi.

Ketika melintasi jalan Tol Cipularang Km 100, bus yang dikemudikansang supir itu tiba-tiba oleng hingga sempat pindah ke lajur lambat.

Setelah itu, kecelakaan maut antara bus dengan truk tronton pengangkut pasir pun tak dapat terhindarkan.

Bus yang ditumpangi warga Purbalingga, Jawa Tengah, yang akan berwisata ke Masjid Kubah Emas, Depok ini hancur pada bagian depannya.

AKP Irwansyah dari Polres Cimahi, mengatakan, kecelakaan itu terjadi diduga akibat pengemudi bus mengantuk, sampai hilang kendali, hingga terjadi tabrakanyang mengakibatkan tujuh penumpang bus meninggal dunia di lokasi kejadian.

2017

Tiga orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sepuluh kendaraan di jalan Tol Cipularang Km 91, wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, 18 Mei 2017.

"Ada tiga orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka dalam kecelakaan beruntun ini," kata Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti, saat dihubungi di Purwakarta.

Puluhan korban yang mengalami luka-luka dan tiga korban meninggal dunia langsung dievakuasi ke Rumah Sakit MH Thamrin dan Rumah Sakit Siloam Purwakarta.

Ia mengatakan, kecelakaan beruntun yang melibatkan sepuluh kendaraan itu terjadi di jalan Tol Cipularang Kilometer 91.300 dari arah Bandung menuju Jakarta, tepatnya di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun itu di antaranya Kendaraan truk trailer, minibus Daihatsu Luxio, minibus Mazda, Isuzu Panther, kendaraan minibus Freed, microbus ELF City Trans, Toyota Avanza, Toyota Yaris, Bus Rencana Jaya, serta Daihatsu Sirion.

Akibat kejadian itu, satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian, dua orang meninggal di Rumah Sakit MH Thamrin, dua luka berat dan 26 orang lainnya mengalami luka ringan.(Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Tribunnews

Baca Lainnya