Operasi Patuh 2019 di Bali, Polisi : Memakai Pakaian Adat atau Keagamaan Harus Tetap Pakai Helm

Minggu, 01 September 2019 | 11:00
Kompas TV

Operasi Patuh 2019 yang diadakan di Bali pada Jumat kemarin (30/8/2019)

Suar.ID -Operasi Patuh 2019 yang akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2019 sampai 11 September 2019 akan menindak tegas bagi pelanggar berkendara yang tidak memiliki kelengkapan berkendara.

Hal itu termasukpengendara roda dua yang memakai udeng atau kopiah.

Dikutip dari Tribun Bali, Kasubag Ops Ditlantas Polda Bali, AKBP Bagus Jembariawan, meminta pengendara agar selalu menggunakan helm saat berkendara di jalan raya.

"Ini kita masih menyusun data laporannya. Dengan melakukan Operasi Patuh 2019 ini memang ada pelanggar yang menjadi prioritas kita," ujarnya, Jumat (23/8/2019).

Baca Juga: Minggu Depan Polisi akan Gelar Razia

Sasaran operasi tersebut di antaranya pengemudi di bawah umur, tidak memakai sabuk keselamatan, melawan arus, melebihi batas kecepatan, menggunakan handphone/headset saat berkendara, terpengaruh minuman beralkohol dan pengendara yang tidak memakai helm.

Selain itu juga terdapat tambahan, yakni pemakaian sirine tanpa izin.

Pengendara yang berpakaian adat atau keagamaan dan hanya memakai udeng ataupun kopiah, juga akan ditindaklanjuti secara tegas.

"Jangan lupa lengkapi administrasi diri sendiri seperti SIM, STNK, KTP atau identitas diri lainnya. Dan ingat saat berkendaraan roda dua menggunakan pakaian adat udeng, kopiah, atau jilbab tetap menggunakan helm SNI. Kalau tidak, ya kita libas juga," ujarnya.

Kompas TV
Kompas TV

Operasi Patuh 2019 yang diadakan di Bali pada Jumat kemarin (30/8/2019).

Baca Juga: Sempat Tak Restui Roger Danuarta dengan Putrinya, Ayah Cut Meyriska Kini Justrus Makin Kompak dengan Sang Menantu

Selama ini, pengendara roda dua di Bali mendapat "dispensasi" tidak memakai helm saat berpakaian adat atau saat mau sembahyang ke pura.

Ini sesuai kearifan lokal di Bali.

"Tapi sekarang kami mohon kesadaranya. Walaupun mau ke tempat sembahyang, harus menggunakan helm," tandas Bagus Jembariawan.(Tribunnews Bali/Rino Gale)

Artikel ini telah tayang di Tribun Bali dengan judulNaik Motor Pakai Udeng atau Kopiah Akan Ditindak, Operasi Patuh 2019 Digelar Serentak di Bali

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Tribun Bali

Baca Lainnya