Inilah Daftar Kota Teraman di Dunia 2019, Jakarta di Asia Tenggara Saja Enggak Masuk 5 Besar

Jumat, 30 Agustus 2019 | 17:25
Kompas

Tokyo, Jepang.

Suar.ID -The Economist Intelligence Unit merilis daftar terbaru kota paling aman di dunia.

Daristudi tersebut, Washington D.C masuk di jajaran 10 besar untuk pertama kalinya.

Sedangkan Hong Kong terlempar jauh ke posisi 20 dari peringkat 9 pada tahun sebelumnya.

Hal ini tentu saja dikarenakan sedang terjadinya konflik besar di daerah tersebut yang belum usai hingga saat ini.

Baca Juga: Begini Pandangan Media Asing terhadap Pindahnya Ibu Kota Indonesia

Tokyo masih tetap tercatat sebagai jawara kota paling aman di dunia.

Ibukota Jepang itu masih bertahan di urutan pertama untuk ketiga kalinya.

Di urutan kedua dan ketiga diraih oleh Singapura dan Osaka.

Kota-kota di Wilayah Asia-Pasifik mendominasi jajaran 10 besar dengan tambahan Sidney, Seoul, dan Melbourne, Amsterdam, Kopenhagen dan Toronto melengkapi daftar teratas.

London dan New York sama-sama melompati enam peringkat dan menempati posisi ke-14 dan ke-15.

Kompas.com
Kompas.com

Singapura.

Baca Juga: Serda Rikson yang Gugur di Papua saat Mengamankan Senjata Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Indeks Safe Cities inidalam pemeringkatannya yang mencakup 60 kota di lima benua dengan memeriksa faktor-faktor digital, kesehatan, infrastruktur dan keamanan pribadi untuk menilai keamanan perkotaan secara keseluruhan.

Kota-kota yang memimpin indeks keamanan menawarkan akses mudah ke perawatan kesehatan berkualitas tinggi, tim cybersecurity yang berdedikasi, perencanaan bencana yang berkesinambungan serta patroli polisi di sekitar masyarakat.

"Secara keseluruhan, ketika kekayaan adalah salah satu penentu keselamatan yang paling penting, tingkat transparansi dan tata kelola, turut mempengaruhi skor pada indeks," kata Naka Kondo, editor laporan Safe Cities terbaru dikutip Suar.ID dari Bloomberg, Kamis (29/8).

Penelitian ini juga menyoroti bagaimana berbagai jenis keselamatan saling terkait, jarang sekali ditemukan kota dengan skor yang sangat baik dalam satu aspek tetapi tertinggal pada aspek yang lain.

Angka saja tidak cukup untuk menggambarkan kesepuluh kota teraman ini.

Baca Juga: Wow, 5 Orang Ini Baru Menjadi Miliarder di Usia Senja!

Washington D.C. meroket ke peringkat 10 besar dari peringkat 23 pada tahun lalu berkat kemajuan yang tercatat pada faktor penentu indeks.

Sementara itu, kota-kota di peringkat 24 besar memberikan hasil skor keseluruhan yang mirip.

Dari Eropa, ada kota-kota seperti Paris, Frankfurt, Zurich dan Stockholm, sedangkan dari AS mencakup San Fransisco, Los Angeles dan Dallas.

Sementara itu, Asia-Pasifikmenjadi wilayah bagi beberapa tempat teraman di dunia, meskipun ada juga beberapa kota di kawasan ini berada pada peringkat yang rendah di dalam indeks.

Wilayah ini juga menunjukkan kinerja yang kurang baik pada keamanan digital dibandingkan dengan faktor-faktor lain.

KOMPAS.com
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

Jakarta, Indonesia.

Baca Juga: Bikin Merinding! Inilah 10 Fakta Terbaru dari Desa Penari, Tempat KKN yang Telah Menewaskan 2 Mahasiswa

Sementara itu Jakarta berhasil menempati peringkat ke-53 dengan skor indeks 54,5 (dalam skala 0-100) atau menduduki peringkat ke-6 di Asia Tenggara, sesuai kota yang disurvei.

Meski demikian, The Economist Intelligence Unit (EIU) Safe Cities Index 2019 masih mengkategorikan skor keseluruhan yang didapat Jakarta sebagai 'tinggi', yakni antara 50,1 - 75. Sedangkan 25,1 - 50 dikategorikan medium dan 0 - 25 rendah.

Untuk Digital Security Indonesia berada di peringkat ke-55 dengan skor 42,3, Health Security di posisi 53 (51,7), Infrastructure Security di posisi 49 (52,3), dan Personal security 43 (71,7).

Di Asia Tenggara, skor yang diperoleh Indonesia secara keseluruhan di bawah Singapura (91,5) yang berada di posisi ke-2, Kuala Lumpur di peringkat ke-35 (66,3), Manila ke-43 (59,2), serta Bangkok dan Ho Chi Minh yang sama-sama di urutan ke-47 karena memiliki skor yang sama yakni 57,6.

Satu kota di Asia Tenggara yang berada di bawah Jakarta adalah Yangon, Myanmar, yang berada di posisi 58 dengan skor 41,9.

"Kota-kota APAC (Asia-Pacific) meiliki kinerja yang baik di kategori keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi, tetapi rekan-rekan mereka di Amerika Utara umumnya lebih baik dalam keamanan digital," jelas Kondo. (Ervananto Ekadilla/Suar.ID)

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : Bloomberg, the economist

Baca Lainnya