Siap Jemput Jenazah Ani Yudhoyono, Pesawat VIP Telah Stand By di Lanud Halim Perdanakusuma

Sabtu, 01 Juni 2019 | 14:29
Instagram/@aniyudhoyono

Siap Jemput Jenazah Ani Yudhoyono, Pesawat VIP Telah Stand By di Lanud Halim Perdanakusuma

Suar.ID -Jenazah istri Presiden Indonesia keenam, Ani Yudhoyono rencananya akan diterbangkan ke Tanah Air pada Minggu, (02/6/2019) esok.

Kristiani Herrawati atau yang dikenal dengan nama Ani Yudhoyono tutup usia di National University Hospital di Singapura, hari ini, Sabtu (01/6/2019).

Sementara jenazah Ani Yudhoyono rencananya akan dishalat di Singapura dan baru akan diterbangkan ke Indonesia esok, pesawat untuk menjemput jenazah telah disiapkan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (AU) Mabes TNI AU Marsekal Utama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto mengatakan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M Tonny Harjono telah menyiapkannya.

Baca Juga: Satu Permintaan SBY Sebelum Jenazah Ani Yudhoyono Disemayamkan, Sampai Diucapkan Berulang Kali

Ia pun mengatakan kru dan pesawat tersebut kini dalam kondisi siap berangkat.

Fajar mengatakan, meski sudah disiapkan namun Danlanud Halim masih menunggu perintah untuk memberangkatkannya.

Jika memang sudah diperintahkan maka, maksimal dalam waktu satu jam pesawat tersebut siap diberangkatkan.

"Komandan Lanud Halim sudah menyiapkan satu pesawat dan mungkin juga pesawat cadangan untuk diberangkatkan ke Singapura. Namun itu semua menunggu perintah dari pimpinan. Yang jelas kru dan pesawat siap berangkat. Kalau memang ada perintah, maksimal dalam waktu satu jam sudah siap berangkat," kata Fajar di Lanud Halim Perdana Kusuma pada Sabtu (1/6/2019).

Untuk jenis pesawatnya, Fajar mengatakan hal itu tergantung dari permintaan keluarga.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Meninggal Dunia, Tepat Setahun yang Lalu Unggah Foto Bersama SBY dan Tuliskan Pesan Mendalam

"Tergantung dari permintaan keluarga. Yang jelas di sini pesawat VIP ada Hercules dan juga Boeing," kata Fajar.

Ia mengatakan, sampai sekira pukul 12.00 WIB belum ada perintah resmi dari sektretariat negara untuk menjemput jenazah Ani di Singapura.

"Untuk pergerakan resmi belum ada. Kami juga baru melihat di televisi. Tang jelas tadi Komandan Lanud Halim menghubungi saya dan kami persiapkan pesawat dan kru pendukungnya," kata Fajar.

Fajar mengatakan hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait akan kapan waktu penjemputan, naik pesawat apa dan turun di bandara mana jenazah Ani bersama keluarga.

"Yang jelas akan ada upacara pentambutan secara militer itu karena beliau almarhumah adalah salah satu pemilik bintang jasa. Masalah upacara di sini atau bandara sipil masih ditentukan. Yang jelas biasanya upacara kenegaraan adanya di Lanud Halim. Kami stand by dan menunggu perintah dari pimpinan," kata Fajar.

Ani Yudhoyono wafat 11.50 waktu Singapura. (Gita Irawan)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pesawat untuk Jemput Jenazah Ani Yudhoyono Telah Disiapkan Lanud Halim Perdanakusuma

Baca Juga: Mengenang Ani Yudhoyono, Inilah Foto-foto Lawas Ibu Negara yang Cantik Ini

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : Tribun News

Baca Lainnya