Catatan 'Bunuh Diri' Adolf Hitler Saat Berlin Terdesak Akan Dilelang, Seperti Ini Isi Suratnya

Kamis, 25 April 2019 | 14:35
kolase Daily Mirror

Catatan 'Bunuh Diri' Adolf Hitler Saat Berlin Terdesak Akan Dilelang, Seperti Ini Isi Suratnya

Suar.ID -Hampir semua orang pernah dan tak asing dengan nama Adolf Hitler.

Namanya selalu melekat dengan Jerman dan Nazi.

Namun tak banyak yang tahu akhir hayat pria kelahiran 1889 ini.

Pada 1945, banyak tentara dan orang-orang di bawahnya berkhianat.

Ia akhirnya bunuh diri pada 30 April, 10 hari setelah ulang tahunnya yang ke-56.

Baca Juga : Terungkap, Inilah Alasan Kenapa Superhero Amerika Memakai ‘Celana Dalam’ di Luar

Sebelum mengakhiri hidupnya, Hitler membuat sebuah catatan yang berisi pesan terakhirnya.

Dilansir dari Daily Mirror pada Kamis (25/4/2019), sebuah telegraf yang disebut "catatan bunuh diri Hitler" diumumkan akan dijual.

Catatan yang berisi pesan terakhir dari pemimpin Nazi itu diperkirakan akan bernilai hingga £ 70.000 (Rp 1,2 M) di pelelangan.

Catatan bersejarah itudibuat hanya beberapa hari sebelum kematian Hitler ke salah satu komandan favoritnya, Ferdinand Schörner, yang mendesaknya untuk melarikan diri dari ibukota Jerman ketiga yang dikepung Reich.

Baca Juga : Kata Jokowi Soal Prabowo yang Deklarasi Kemenangan Berkali-kali: Ya Gak Apa-apa Deklarasi Aja Kok

Daily Mirror
Daily Mirror

Catatan 'Bunuh Diri' Adolf Hitler Saat Berlin Terdesak Akan Dilelang, Seperti Ini Isi Suratnya

Namun Hitler menyatakan dirinya akan tetap tinggal di Berlin.

"Saya akan tetap di Berlin, untuk mengambil bagian, dengan cara terhormat, dalam pertempuran yang menentukan untuk Jerman, dan untuk memberikan contoh yang baik untuk semua yang tersisa.

"Saya percaya bahwa dengan cara ini saya akan memberikan Jerman layanan terbaik.

"Untuk kalian semua, segala upaya harus dilakukan untuk memenangkan perjuangan untuk Berlin. Kamu bisa membantu dengan tegas, dengan mendorong ke utara sedini mungkin."

Alexander Historical Auctions di Maryland, Amerika Serikat, yang melelangbenda tersebut, mengatakan catatanituadalah benda yang sangat unik karena menjadi satu-satunya bukti bahwa Hitler berniat bunuh diri.

Baca Juga : Bikin Terharu, Video Seorang Anak Merawat Ibunya yang Sedang Sakit Bikin Netizen Mewek

Presiden perusahaan Bill Panagopulos mengatakan, "Tidak ada bukti tertulis lain tentang Hitler yang menyatakan niatnya untuk tetap (dan mengakhiri hidup) di Berlin yang dapat ditemukan siapa pun.

"Ini pada dasarnya adalah 'catatan bunuh diri' Hitler.

ia menjelaskan isi catatan bunuh diri itu, mengatakan bahwa Hitler menunjukkan dirinya sebagai sosok pemimpin yang gagah pada anak buahnya, namun ia mengambil nyawanya sendiri.

"Di dalamnya, dia mencoba menggambarkan dirinya sebagai pemimpin yang gagah berani dari anak buahnya sampai akhir, ketika pada kenyataannya dia menyeret (dirinya) ke kamarnya dan menembakkan peluru ke kepalanya."

Baca Juga : VIRAL Video Pemuda Menyiksa Kucing yang Sedang Hamil, Hampir Saja Menyembelih Sebelum Melemparnya ke Sungai

Bagian catatan yang akan dilelangjuga termasuk transkrip surat Hitler dari Schörner.

Daily Mirror
Daily Mirror

Catatan 'Bunuh Diri' Adolf Hitler Saat Berlin Terdesak Akan Dilelang, Seperti Ini Isi Suratnya

Schorner memohon padapemimpinnya itu untuk melarikan diri.

"Saya ingin meminta Anda, pada jam yang sangat sulit ini, untuk meninggalkan Berlin dan menerima perintah dari sektor selatan," tulis Schörner.

"Jika kamu jatuh, Jerman juga akan. Jutaan orang Jerman menunggu kesempatan untuk membangun Jerman sekali lagi, bersamamu."

Panagopulos mengatakan bahwa Schorner adalah anak buah Hitler yang setia.

"Dia (Schorner) adalah favorit Hitler, dan bawahannya yang setia, dan tentu saja dia ingin Hitler keluar dari Berlin. Sebaliknya, Hitler berada dalam posisi yang mustahil.

"Pada konferensi situasi sore hari dua hari sebelumnya, Hitler diberitahu bahwa perintah untuk penyelamatan Berlin belum dipatuhi.

Baca Juga : Mengharukan, Anak Penyapu Jalan dan Tukang Las Ini Wujudkan Mimpinya, Ia Berhasil Diterima di Fakultas Kedokteran UI

"Hitler meluncurkan omelan terhadap pengkhianatan dan ketidakmampuan komandannya; ledakannya memuncak dalam sebuah deklarasi.

"Hitler mengumumkan bahwa dia akan tinggal di Berlin sampai akhir."

Pada 26 April, dua hari setelah Hitler mengirim balasannya ke Schörner, pemimpin Nazi itu ditawari kesempatan terakhir untuk terbang keluar dari Berlin, tapi tetap ditolaknya.

Panagopulos menjelaskan sepertinya ketika itu Hitler berharap Schorner dapat menyelamatkan Berlin, namun mereka berdua sendiri sudah paham itu adalah hal mustahil.

"Dia mungkin berharap bahwa dengan keajaiban, Schörner akan mendorong ke utara dari Cekoslowakia dan membebaskan Berlin, tetapi saya yakin mereka berdua tahu itu tidak mungkin," kata Panagopulos.

Baca Juga : Mengerikan, Perempuan Ini Langsung Lumpuh Setelah Membunyikan Lehernya hingga Bersuara 'Krek'

"Pasukan pertahanannya runtuh di sekelilingnya dan peluru-peluru Rusia sudah mendarat di dekatnya."

Hitler dan istrinya, Eva Braun,akhirnya bunuh diri di bunker Berlin pada 30 April 1945.

The New York Times
The New York Times

Adolf Hitler dan Eva Braun

Dalam wasiat dan wasiat terakhirnya, Hitler mempromosikan Schörner menjadi panglima tentara Jerman, menggantikan dirinya sendiri.

Schörner kemudian akan meninggalkan jabatannya dan melarikan diri ke Austria, di mana ia ditangkap oleh pasukan Amerika.

Baca Juga : Tragis! Bocah 5 Tahun Dijual Ibunya Untuk Berhubungan Badan, Ternyata Salah Satu Pelanggannya Ayah Kandungnya Sendiri

Setelah perang, ia menjalani hukuman di penjara Soviet dan Jerman Barat sebelum ia dibebaskan pada tahun 1963, setelah itu ia pindah ke Munich di mana ia meninggal dalam ketidakjelasan pada tahun 1973.

Catatan Hitler tersebut akan dijual dalam lelang dua hari yang berjalan pada 30 April dan 1 Mei 2019 di Maryland, Amerika Serikat.

Diperkirakan harganya antara £ 52.000 - £ 70.000 (Rp 950 juta - 1,2 miliar).

Editor : Nieko Octavi Septiana

Sumber : Daily Mirror

Baca Lainnya