Punya Julukan Sang Ikan Matahari, Seperti Ini Penampakan Ikan Mola Mola yang Terdampar di Teluk Ambon

Selasa, 02 April 2019 | 10:21
(BKSDA) Maluku)

Peneliti dari Universitas Pattimura Ambon Prof Dr Jacobus Wilson Mosse saat membedah bangkai ikan mola yang terdampar di Teluk Ambon, Senin (1/4/2019). Dalam pembedahan itu ditemukan sebuah benda misterius di dalam usus ikan mola tersebut. (Foto dok Balai Konservasi Sumber Daya Alam

Suar.ID – Bangkai seekor ikan mola-mola ditemukan warga terdampar di perairan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019).

Diwartakan Kompas.com, bangkai tersebut ditemukan dalam keadaan terapung dekat kerambah milik warga yang tak jauh dari Tanjung Martafons, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Menurut Koordinator Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Sorong Satker Ambon, Wiwit Handayani, saat ditemukan diduga ikan Mola tersebut telah mati beberapa hari sebelumnya.

Sementara untuk mengatahui penyebab ikan yang sudah dianggap langka tersebut, peneliti dari Universitas Pattimura Ambon, Senin (1/4/2019) telah melakukan pembedahan.

(KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY)

Bangkai seekor ikan mola-mola ditemukan terdampar di Teluk Ambon tepatnya di pantai Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019)

Baca Juga : Unik, Putri Walikota Balikpapan Menikah dengan Mas Kawin 2 Pohon Mangga, Usai Akad Langsung Tanam Pohon

Baca Juga : Usianya Masih 1 Tahun, Putra Sandra Dewi Sudah Punya Jet Pribadi, Seperti Ini Penampakannya

Mengutip Kompas.com, setelah melakukan pembedahan selama satu jam, tim menemukan adanya benda misterius di dalam usus ikan tersebut. Benda misterius yang ditemukan itu berupa benda padat berwarna merah kehitaman.

(BKSDA) Maluku)

Peneliti dari Universitas Pattimura Ambon Prof Dr Jacobus Wilson Mosse saat membedah bangkai ikan mola yang terdampar di Teluk Ambon, Senin (1/4/2019). Dalam pembedahan itu ditemukan sebuah benda misterius di dalam usus ikan mola tersebut. (Foto dok Balai Konservasi Sumber Daya Alam

Menurut dosen Universitas Pattimura yang juga peneliti, Prof Dr Jacobus Wilson Mosse, benda tersebut mirip dengan organ tubuh hewan ternak yang menyusut.

Dia menduga, ikan mola yang terdampar itu kemungkinan memakan organ tubuh hewan ternak yang dibuang warga dan hanyut ke laut.

Bangkai ikan mola yang diperkirakan telah berusia 15 tahun itu lantas dikubur agar tidak menimbulkan pencemaran.

10 Fakta ikan mola mola

bulelengkab.go.id

Ikan mola-mola

Melansir situs Balai Pengelolaam Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar (BPSPL) Denpasar, ikan ini merupakan ikan terbesar dan paling unik bentuknya di laut. Julukannya adalah sunfish atau ikan matahari.

Ikan mola-mola dapat ditemukan di seluruh samudera di dunia dan termasuk ikan yang ramah.

Nah berikut fakta tentang ikan mola-mola ini bersumber dari bpspldenpasar.kkp.go.id:

1. Ikan bertulang sejati terbesar

Kita mungkin tahu paus adalah ikan terbesar di laut. Tetapi untuk ikan bertulang sejati terbesar, itu adalah ikan mola mola. Ini karena ikan paus merupakan ikan bertulang rawan.

Ikan mola mola terbesar yang pernah diukur mencapai ukuran panjang 3 m dengan berat 2,3 ton dan rata-rata ikan mola mola yang dijumpai dapat mencapai berart hingga 1 ton.

2. Nama mola berasal dari bahasa latin

Mola, adalah bahasa latin yang berartti batu giling (millstone). Batu giling yang berbentuk bulat pipih, berat, berwarna abu abu menyerupai bentuk tubuh ikan itu.

Mola mola merupakan nama salah satu spesies ikan dari keluarga molidae, terdapat 3 spesies ikan mola lagi yaitu, Mola ramsayi (short mola), Masturus lanceolatus (sharptail mola), dan Ranzania laevis (slender mola) dimana Ranzania laevis merupakan spesies mola terkecil.

3. Tidak punya ekor

Ikan mola sebenarnya memiliki ekor, tetapi bentuknya yang tidak seperti ekor ikan pada umumnya membuatnya sering dianggap tidak memiliki ekor.

Alih alih ekor, bagian belakang ikan mola merupakan semacam perpaduan antara sirip dorsal dan sirip anal yang disebut dengan clavus. Meskipun memiliki “ekor” yang “lemah”, ikan mola sering terlihat meloncat keluar dari air seperti paus.

Baca Juga : Alat Kontrasepsi IUD Bersarang di Perut Perempuan Ini Selama 11 Tahun, Awalnya Dikira Jatuh

Baca Juga : Misteri Gua Istana Ular di NTT yang Diselimuti Aura Mistik, Konon Ada Ular Putih Raksasa Sepanjang 23 Meter

4. Memiliki beberapa warna

Ikan ini dapat brwarna cokelat, abu-abu, putih, atau bahkan bercorak titik – titik.

Selain warna yang beragam, kulit mola biasanya diselimuti oleh banyak lendir dan meskipun kulitnya terlihat halus, sebenarnya kulit mola terasa kasar bila diraba.

5. Ubur-ubur adalah makanannya

Makanan favorit ikan mola mola adalah ubur-ubur. Makanan lainnya, seperti ikan kecil, alga, plankton, moluska, dan bintang laut.

Ikan mola juga diketahui mencari makan tidak hanya di permukaan laut melainkan juga hingga dasar peraiaran dan peraiaran dalam.

6. Giginya berbentuk seperti paruh burung

bpspldenpasar.kkp.go.id

Ikan Mola mola

7. Habitatnya tersebar di seluruh perairan dunia

Habitatnya tersebar di seluruh perairan dunia, kecuali perairan kutub utara dan kutub selatan.

Ikan mola hidup di perairan tropis dan beriklim sedang, mereka dapat dijumpai di samudera Atlantik, samudera Pasifik, samudera Hindia dan laut mediterania.

8. Banyak menghabiskan waktu di permukaan saat malam hari

9. Terkenal sebagai pembawa parasit

Ikan mola terkenal sebagai pembawa parasit di tubuhnya, dalam suatu kasus pernah dijumpai 40 genera parasit yang menempel di kulit ikan mola.

Untuk menghilangkan parasit-parasit tersebut, ikan mola biasanya “berjemur” dengan salah satu sisi dan juga meminta bantuan ikan pemakan parasit di perairan karang.

10. Ikan terseburu di dunia

Satu ekor mola pernah didapati 300 juta telur di dalam ovariumnya (terbanyak di antara hewan bertulang belakang lainnya).

Saat menetas, ukuran larva ikan mola berukuran sangat kecil (sekitar 2 mm) dan berbentuk seperti ikan buntal dengan duri – duri dan memiliki ekor.

Semakin tumbuh besar, duri – duri dan ekor tersebut lambat laun akan menghilang, dan dari larva berukuran 2 mm, ikan mola akan terus tumbuh hingga mencapai ukuran 2m atau lebih saat dewasa.

Baca Juga : Sedang Berlibur ke Hawaii, Begini Potret Cantik dan Seksinya Hailie Scott Putri Eminem

Baca Juga : Unik, Putri Walikota Balikpapan Menikah dengan Mas Kawin 2 Pohon Mangga, Usai Akad Langsung Tanam Pohon

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya