Sebuah Koin Emas Perancis Abad 14 Ditemukan di Sebuah Laci Rahasia, Harganya Fantastis!

Rabu, 20 Maret 2019 | 12:27
TVN

Koin emas abad 14.

Suar.ID - Sebuah koin emas Perancis abad ke-14 ditemukan di dalam salah satu dari tiga laci tersembunyidi mejaseorang wanita yang tinggal di Derbyshire, Inggris.

Ibu tiga anak, Amy Clapp (37), mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak tahu tentang koinyang berusia 650 tahun atau tentang laci rahasia ada, setelah meja kayu pada abad ke-20 ditinggalkan oleh sepupu jauhnya.

Don Collins dari Hansons Auctioneers mengatakan koin emas 22 karat itu sangat tidak biasa dan dia belum pernah melihat yang seperti itu lebih dari 50 tahun, menurut TheVintageNews (19/03/2019).

Para ahli meyakini bahwa koin "Franc à pied - Raymond IV", yang berasal dari tahun 1365, dapat memperoleh dua kali lipat harga panduan, yakni mulai dari 1.200poundsterling (Rp 22 juta) hingga 1.800 poundsterling (Rp 33 juta) ketika dilelang pada musim semi ini.

Baca Juga : Yuk, Intip Kamar Mewah Berlapis Emas Milik Beauty Vlogger Cantik Tasya Farasya

TVN

Edward Rycrodt dengan koin dan laci kecil tempat ia menemukannya.

Para pangeran Oranye tinggal di Prancis pada abad ke-14.

Kerajaan itu berasal sebagai wilayah kekuasaan di Kekaisaran Romawi Suci di kerajaan Burgundy.

Clapp berkata kepada Daily Mail, "Saya bahkan tidak ingat bertemu dengan sepupu buyutku, tetapi saya menerima surat dari seorang pengacara sebelum Natal yang memberitahuku bahwa saya telahdiberi berbagai item furnitur. Tampaknya, surat wasiat itu ditulis ketika saya berusia 13 tahun."

Pemilikmeja itu bahkan tidak menemukan koin itu sendiri.

Baca Juga : Istri Sah Ciduk Suaminya, Bella Luna Kembalikan Mahar 2M dan Emas yang Diberikan Nana

TVN

Penilai furnitur Hansons, Edward Rycroft dengan dan Amy Clapp.

Dia mengirim Hansons AuctioneersDerbyshire (jasa lelang) untuk menjual meja setelah memeriksanya, percaya bahwa meja itu kosong.

Tetapi tiga laci rahasia ternyataditemukan di meja, danlaci-laci itu ditemukan oleh juru lelang furnitur.

Edward Rycroft, penilai furnitur di Hansons, adalah orang yang membuat penemuan itu.

Koin emas disembunyikan di laci rahasia.

TVN

Laci rahasia di belakang laci yang terlihat ini.

Ternyata itu langka, dan sangat berharga.

Rycroft mengatakan kepada Derbyshire Times,"Saya tahu meja seperti ini sering memiliki laci kecil rahasia - kadang-kadang disebut laci koin - jadi saya selalu memeriksaitu untuk berjaga-jaga. Tetapi dalam 10 tahun menilai furnitur, saya tidak pernah menemukan apa pun di dalamnya... sampai sekarang."

Clapp mengatakan dia "tidak akan pernah menemukan itu dalam sejuta tahun" dan berharap untuk menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan koin ke sebuah badan amal.

Meja kayu itu sendiri diperkirakan bernilai kurang dari 100 dolar.

Baca Juga : 5 Fakta Temuan Koin Emas Zaman Majapahit di Malang yang Jadi

TVN

Koin emas yang dilelang.

Rycroft berkata, "Saya senang untuk keluarga. Koin itu bernilai kecil. Saya langsung tahu itu emas dan sangat istimewa. Itu hal paling menakjubkan yang pernah saya temukan secara kebetulan."

Adapun Clapp berkata, "Saya senang. Saya sedang bekerja di London ketika Edward menelepon saya. Sebagai bagian dari keluarga, kami memiliki nasib buruk dalam dua tahun terakhir, jadi hal seperti ini tiba-tiba terjadi pada kami dan sungguh menakjubkan."

Rycroft menyarankan semua orang untuk mencari furnitur mereka dengan cermat.

"Jika Anda memiliki biro tua di rumah, periksa laci-laci rahasia - Anda tidak pernah tahu, Anda mungkin juga duduk di atas rejeki nomplok." (Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : thevintagenews.com

Baca Lainnya