Ajaib, 6 Orang Ini 'Mati Kedinginan' tapi Kemudian Bisa Dihidupkan Kembali

Jumat, 01 Maret 2019 | 19:47
Elite Riders

Jean Hilliard yang mati kedinginan untung nyawanya masih bisa diselamatkan.

Suar.ID -Pernah merasakan mati kedinginan?

Seperti dilaporkan lama Readers’ Digest, dengan cara yang tepat, dokter sejatinya bisa menghidupkan kembali orang-orang yang sudah “mati membeku”.

Kisah enam orang ini buktinya.

#Kisah Pertama

Saat itu minus 22 derajat Celcius pada malam Desember 1980 ketika mobil Jean Hilliard yang berusia 19 tahun tergelincir di pinggir jalan di Lengby, Minnesota.

Remaja itu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah orangtuanya dan mengenakan mantel, sarung tangan, dan sepatu bot koboi.

Baca Juga : 4 'Kekuatan Super' Ini Tersembunyi pada Mereka yang Selalu Merasakan Kecemasan

Mobil itu benar-benar mogok, lalu ia memutuskan untuk berjalan ke rumah teman terdekat.

Dia pingsan hanya 4,5 meter dari pintu ketika hipotermia menyerangnya.

Temannya, Wally Nelson, menemukannya pada pagi hari berikutnya. Hilliard membeku.

“Saya mencengkeram kerah bajunya dan menyelinap ke teras. Saya pikir dia sudah mati. Membeku lebih kaku daripada papan, tetapi saya melihat beberapa gelembung keluar dari hidungnya,” ungkap Nelson dalam wawancara Radio Publik Minnesota 2018.

Ketika Hilliard akhirnya berhasil sampai ke rumah sakit, denyut nadinya 12 denyut per menit dan suhu tubuhnya 31 derajat Celcius.

Staf medis mencairkan Hilliard dengan selimut pemanas listrik, dan selama beberapa jam berikutnya Hilliard pun pulih sepenuhnya.

#Kisah Kedua

Justin Smith, 25, dari Pennsylvania, pernah bercengkerama dengan teman-temannya pada suatu malam di tahun 2016, ketika dia secara teknik kehilangan nyawanya.

Kelompok itu minum-minum dan kemudian kehilangan jejak satu sama lain.

Smith ditemukan tak sadarkan diri di pinggir jalan keesokan paginya tertutup salju dan tubuhnya biru, ia berada di suhu di bawah nol selama lebih dari 12 jam.

Mengetahui putranya itu tidak memiliki denyut nadi atau tekanan darah, ayah Smith merasa tidak memiliki harapan atas hidup anaknya lagi.

Gerald Coleman, DO, sedang bekerja di UGD Rumah Sakit Lembah Lehigh ketika Smith masuk, dan ia tidak siap untuk menyerah.

Baca Juga : Singapura, Negara Kaya Raya tapi Air Saja Harus Impor dari Malaysia Sampai Tahun 2061

“Pemikiran klinis saya sederhana: Anda harus hangat untuk mati,” katanya. Dr. Coleman mengaitkan Smith dengan mesin oksigenasi membran ekstra-korporeal (ECMO), alat ini memompa dan mengoksigenasi darah pasien, melakukan pekerjaan jantung dan paru-paru.

Suhu inti Smith mulai menghangat, meskipun ia harus kehilangan jari-jari kaki dan dua jari tangannya.

Selama beberapa minggu berikutnya, Smith pun pulih total. “Ketika Anda memiliki suhu yang sangat rendah, sangat penting menjaga otak dan fungsi organ lainnya.” Kata James Wu, MD.

#Kisah Ketiga

Pada musim dingin tahun 2001, Erika Nordby yang berusia 13 bulan bangun di tengah malam saat berada di rumah seorang teman keluarga.

Meskipun dia sedang menikmati pelukan saudara perempuannya yang berumur tiga tahun dan ibunya, Nordby bangkit dan berjalan di malam yang sedingin es di Kanada itu. Ia hanya mengenakan popok dan kaos oblong.

Pada pukul 3 pagi, ibu Nordby terbangun dan menyadari bayinya tidak ada.

Ketika ia akhirnya menemukan putrinya, Nordby tertelungkup di salju dan kaku, ia berada di salju selama empat jam.

Ketika paramedis tiba, mereka berjuang untuk memasukkan infrus ke dalam pembuluh darah untuk mengalirkan cairan melalui sumsum tulangnya.

Setelah perawatan dengan selimut penghangat “Bair hugger” di ruang gawat darurat, jantung Nordby mulai berdekat lagi, dan ana itu akhirnya pulih sepenuhnya.

Baca Juga : Walau Kalah Rangking Militer, Pakistan Punya Senjata Nuklir Lebih Banyak Dibanding India

Selama mereka mendingin dengan cukup cepat, tubuh akhirnya memiliki cukup oksigen di berbagai bagian tubuh, seperti otak. Rasanya seperti dalam keadaan mati suri.

#Kisah Keempat

Ketika ahli radiologi Swedia berusia 29 tahun, Anna Bagenholm, pergi bermain ski bersama teman-temannya, ia tidak pernah menyangka bahwa itu hampir merenggut nyawanya.

Pada perjalanan di tahun 1999, Bagenholm menyelinap menuruni bukit dan jatuh lebih dulu ke danau yang beku.

Teman-temannya mencoba menariknya keluar dengan alat ski tetapi tidak bisa membawanya kembali ke darat.

Selama hampir 40 menit, Bagenholm sadar, ia menemukan kantong kecil udara di bawah es yang memungkinkannya bernapas.

Tapi kemudian tubuhnya menyerah pada hipotermia. Ketika Bagenholm bisa ditarik dari danau, ia hampir membeku, suhu intinya adalah 13 derajat Celcius.

“Pada elektrokardiogram, tempat dokter yang menghubungkannya dengan helikopter, ada garis yang benar-benar datar — seperti Anda bisa saja ditarik dengan penggaris. Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali, ”kata dokter yang hadir, Mads Gilbert, MD.

Di rumah sakit, dokter berharap tubuhnya telah membeku cukup lambat sehingga otaknya dapat bertahan dari kekurangan oksigen.

Mereka memompa darahnya melalui alat penghangat dan mengembalikannya ke tubuhnya untuk menaikkan suhu tubuhnya.

Para dokter tertegun ketika jantung Bagenholm mulai berdetak. Butuh waktu satu tahun bagi Bagenholm untuk mengatasi kerusakan saraf karena beku, tapi ia pulih sepenuhnya.

#Kisah Kelima

Mitsutaka Uchikoshi, 35, dari Jepang, mungkin merupakan satu-satunya kasus hibernasi manusia yang diketahui.

Pada Oktober 2006, Uchikoshi jatuh dari lereng gunung yang curam sambil berjalan pulang sendirian dari jalan-jalan.

Kemudian dia mematahkan panggulnya yang tergelincir ke sungai. Dokter percaya dia kehilangan kesadaran sehari kemudian.

Tidak ada yang yakin karena dia tidak ditemukan sampai 24 hari kemudian ketika pejalan kaki tersandung di tubuhnya.

Selama waktu itu, Uchikoshi telah mengalami suhu yang turun hingga 10°C; suhu tubuhnya turun hingga 22 ° F (hipotermia mulai terasa pada suhu tubuh 35°C).

Ketika para pejalan kaki menemukan Uchikoshi, ia menderita kegagalan organ dan hampir tidak memiliki denyut nadi.

Shinichi Sato, MD, mengatakan kepada The Guardian, "Ia jatuh ke kondisi yang mirip dengan hibernasi dan banyak organ tubuhnya melambat, tetapi otaknya terlindungi."

Uchikoshi membuat pemulihan penuh, memukau komunitas medis.

#Kisah Keenam

Orangtua Stella Berndtsson memberikan izin putri mereka untuk bermain di luar saat mereka bersiap untuk Natal pada 2011.

Mereka tidak tahu itu akan menyebabkan menghilangnya bocah berusia tujuh tahun di perairan yang membeku. Saat bermain, Berndtsson jatuh dari tebing laut dan menghilang.

Orangtuanya, Peter dan Annika Berndtsson, dengan panik mencarinya bersama tetangga sampai mereka menemukan langkah kaki menuju ke tepi tebing dan ke laut di bawahnya.

Penjaga pantai dan helikopter melihat jaket merah muda mengambang di ombak — itu Berndtsson.

"Itu adalah pengumuman kematian yang kami tunggu," kenang ayahnya kepada MSN. "Kami tahu tentu saja bahwa dia sudah lama berada di dalam air."

Para penyelamat mulai melakukan CPR dalam perjalanan ke rumah sakit, meskipun mereka menganggap itu sia-sia.

Suhu tubuhnya 13°C pada saat petugas penyelamat datang; dokter memberi sedikit harapan kepada orang tua tentang pemulihan putri mereka.

Tetapi setelah 12 jam pemanasan yang lambat, Berndtsson membuka dan menutup matanya.

Dua minggu kemudian, dia berbicara lagi. Setelah dua bulan direhabilitasi, ia pulih sepenuhnya. (KTW/Intisari-Online.com)

Artikel ini sebelumnya tayang di Intisari-Online.com dengan judul Kisah 6 Orang yang Mati Membeku Tapi Kemudian Bisa Dihidupkan Kembali

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya