Ditemukan Cadangan Gas Terbesar Ke-4 di Dunia di Musi Banyuasin, Bisa Sumbang APBD Rp7 Triliun

Senin, 25 Februari 2019 | 08:06
(ISTIMEWA/HUMAS SKK MIGAS SUMBAGSEL)

Sumur Kaliberau Dalam (KBD) 2X di Blok Sakakemang, Desa Tampang Baru, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan diperkirakan baru bisa melakukan produksi sekitar 15 tahun kedepan.

Suar.ID – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) diperkirakan akan tembus sebesar Rp 7 triliun dalam 10-15 tahun ke depan.

Perhitungan ini keluar pasca-ditemukannya cadangan gas terbesar nomor empat di dunia di blok Sakakemang, Desa Tampang Baru, Kecamatan Bayung Lencir, oleh Repsol SA, perusahaan energi asal Spanyol.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, jika blok Sakakemang telah mulai beroperasi tentunya dapat membantu pembangunan infrastrukur di wilayah tersebut.

Sebab, setelah kontrak antara pemerintah dan Repsol dilakukan, maka akan ada hitungan bagi hasil ke Pemkab Muba.

Baca Juga : Derita AG, Tak Hanya Diperkosa Ayah, Kakak, dan Adik Kandungnya Tetapi Juga Tak Diberi Makan Keluarganya

Baca Juga : Bersiaplah, Tahun 2019 Akan Jadi Tahun Terpanas dalam Peradaban Manusia Karena Peristiwa Ini

Menurut Dodi, biasanya pembagian pusat dan daerah itu 70:30 persen, artinya daerah akan mendapatkan 30 persen pemasukan dari kegiatan produksi gas oleh Repsol.

Dari jumlah itu, dibagi lagi 12 persen untuk Muba, 6 persen Pemprov, dan sisanya dibagi ke sejumlah kabupaten/kota lain yang ada di Sumsel.

"APBD Muba juga diprediksi dapat mencapai Rp 6-7 triliun jika blok migas tersebut sudah beroperasi,” kata Dodi, Senin (25/2/2019).

Dodi melanjutkan, sumur gas di blok Sakakemang bisa dimanfaatkan untuk kepetingan beberapa sektor. Salah satu contohnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Bayung Lencir.

Baca Juga : Dari Luar Seperti Lemari, Siapa Sangka Rumah 'Tentara Swiss' Ini Punya Fasilitas Lengkap Kamar Tidur hingga Dapur

Baca Juga : Ani Yudhoyono Minta Maaf pada SBY Setelah Divonis Leukimia, Reaksi SBY Justru Sungguh Mengharukan

Dengan PLTG tersebut, akan bisa mengatasi kekurangan pasokan listrik di daerah itu.

"Lalu pemanfaatan jaringan gas baru di Bayung Lencir dan Sungai Lilin yang dapat menambah pemasukan ke kas daerah," ujarnya.

Selain itu, blok Sakakemang juga nanti dapat menyerap tenaga kerja lokal asli daerah dari Kabupaten Muba untuk mengurangi angka penangguran serta kemiskinan di Kabupaten tersebut.

"Yang terpenting, saya akan minta kepada jajaran direksi Respsol untuk semaksimal mungkin menyerap tenaga kerja lokal,” ujarnya.

Kabupaten Muba tercatat memproduksi gas sekitar 220.000 mmcfd. Dengan adanya temuan cadangan gas baru di Blok Sakakemang khususnya sumur Kali Berau Dalam (KBD) 2X tersebut, diprediksi mampu meningkatkan produksi hingga dua kali lipat.

(Aji YK Putra/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Cadangan Gas Terbesar ke-4 di Dunia, APBD Muba Bisa Tembus Rp 7 Triliun"

Baca Juga : Pengacara Ahmad Dhani Ajukan Penangguhan Penahanan, Fadli Zon hingga Prabowo Subianto Ikut Jadi Penjamin

Baca Juga : Nikahi Putri Keluarga Ningrat, Anak Sulung Mantan Bupati Gowa Beri Uang Panaik Rp 1 Miliar, Rumah dan Mobil Mewah

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Sumber : kompas

Baca Lainnya