Detik-detik Tim SAR Berjibaku Selamatkan 2 Wisatawan Tergulung Ombak Pantai Parangtritis

Rabu, 02 Januari 2019 | 09:37
Instagram/@updatedisini

Tim SAR saat selamatan 2 wisatawan yang tergulung ombak di Pantai Parangtritris.

Suar.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Seperti dikutip dari Tribunnews.com, peringatan dini gelombang tinggi itu dikeluarkan oleh BMKG pada Senin (31/12/2018) pukul 04.42 WIB.

Peringatan dini ini berlaku hingga Kamis (3/1/2019) pukul 07.00 WIB.

Di antara peringatannya adalah gelombang tinggi 2,5 - 4 m yang berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat hingga NTB.

Baca Juga : Sosok Doni Monardo Mantan Danjen Kopassus yang Ditunjuk Jadi Kepala BNPB Baru, Pernah Terjun Hadapi Perompak Somalia

BMKG pun menghimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Tetapi, peringatan seperti itu sepertinya tidak diindahkan oleh beberapa orang.

Baru-baru ini video upaya Tim SAR berusaha menyelamatkan 2 wisatawan yang sempat tergulumg ombak di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta (1/1/2019) beredar di media sosial.

Mengutip TribunJogja.com, 2 wisatawan yang terseret ombak tersebut adalah Agil Sutopo (16) dan Ismiyati (25) keduanya merupakan warga Klaten yang sedang berlibur ke Pantai Parangtritis.

Mereka nyaris menjadi korban ganasnya ombak di Pantai Parangtriris saat bermain di laut sekira pukul 11.30 WIB.

Istimewa

Tim gabungan Basarnas Yogyakarta menyelamatkan wisatawan yang nyaris terseret ombak di Pantai Parangtritis, Selasa (1/1/2019).

Menurut Komandan Satlinmas SAR Kabupaten Bantul, Arif Nugraha, seperti dikutip dari TribunJogja.com, kejadian bermula ketika 2 wisatawan tersebut asyik bermain di laut di area Pantai Parangtritis.

Petugas SAR sebenarnya telah menghimbau wisatawan untuk tidak bermain air terlalu ke tengah laut. Tetapi, imbauan tersebut tidak diindahkan.

Akhirnya korban pertama terseret ke tengah, lalu korban kedua yang berusaha menolongnya justru ikut terseret.

"Akhirnya satu korban terseret arus balik ketengah dan tenggelam. Kemudian korban kedua berusaha memberikan pertolongan, namun ikut terseret ketengah," terang Arif.

Baca Juga : Bentuk Pusar Bisa Meramal Kepribadian Seseorang, Cek Saja!

Dokumentasi Basarnas Yogyakarta

Tim gabungan Basarnas Yogyakarta menyelamatkan wisatawan yang nyaris terseret ombak di Pantai Parangtritis, Selasa (1/1/2019).

Beruntung, petugas Satlinmas SAR Parangtritis tanggap dan segera turun ke laut guna memberikan pertolongan.

Sempat berjibaku dengan ombak yang begotu besar, petugas SAR akhirnya dapat menyelamatkan kedua korban.

Keduanya pun langsung dibawa ke Posko SAR Linmas wilayah 3 Parangtritis untuk mendapatkan perawatan medis dari tim medis.

Sementara itu, Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto juga menghimbau wisatawan yang berlibur di pantai agar tetap menaati peraturan yang sudah terpasang di sepanjang Pantai di Yogyakarta.

"Wisatawan juga diimbau mengikuti dan menaati imbauan-imbauan petugas SAR yang berjaga di sepanjang pantai di Yogyakarta," ujarnya.

Berikut video detik-detik saat Tim SAR berusaha menyelamatkan 2 wisatawan yang tergulung ombak di Pantai Parangtritis.

Semoga, kita dapat mengambil pelajaran atas kejadian tersebut.

Baca Juga : Mengerikan, Seperti Inilah Isi Kulkas Pasangan Suami-Istri Kanibal ketika Ditangkap Polisi

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Sumber : tribunnews, Tribunjogja.com

Baca Lainnya