Letusan Krakatau 1883 Sebabkan Tsunami Dahsyat, Gelombangnya Capai 40 Meter

Minggu, 23 Desember 2018 | 13:17
tanjunglesung.com

Pemandangan Anak Gunung Krakatau dari Tanjung Lesung.

Suar.ID – Minggu (23/12/2018), BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menyatakan bahwa ada gelombang yang menerjang sejumlah wilayah di kawasan Banten yang berada di sekitar Selat Sunda.

Dan mereka mengatakan itu adalah tsunami.

BMKG menyampaikan kesimpulan tersebut setelah mendapatkan data dari 4 stasiun pengamatan pasang surut di sekitar Selat Sunda pada waktu kejadian tsunami, yaitu Sabtu (22/12/2018) pukul 21.27 WIB.

Hanya saja penyebab pasti dari tsunami yang menerjang Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018) malam masih belum bisa dipastikan.

Baca Juga : Bani Seventeen Korban Tsunami Banten Tulis Tentang Kehidupan Dunia Hanya Sementara di Instagramnya

Namun, ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko, setelah melakukan kaji cepat menduga bahwa tsunami tersebut disebabkan oleh erupsi Anak Krakatau.

"Kemungkinan besar terjadi flank failure/collapse akibat aktivitas Anak Krakatau petang ini dan akhirnya menimbulkan tsunami," katanya, seperti dilansir dari kompas.com.

Jika memang benar gelombang tinggi di Banten dan Lampung disebabkan oleh aktivitas Anak Krakatau, rasanya pantas jika masyarakat mulai waspada.

Mengapa? Ini alasan selengkapnya.

Tsunami dan gunung api

Dilansir dari volcano.oregonstate.edu pada Minggu (23/12/2018), tsunami adalah gelombang laut besar atau juga dikenal sebagai gelombang laut seismik.

Mereka sangat tinggi dan memiliki kekuatan ekstrem.

Tsunami terbentuk ketika ada pengangkatan tanah dan dengan cepat mengikuti penurunan. Dari sini, kolom air didorong naik di atas permukaan laut.

Tsunami vulkanik dapat terjadi akibat ledakan kapal selam yang dahsyat.

Baca Juga : Update: Akibat Tsunami di Banten, 43 Orang Meninggal, 584 Luka-luka

Atau mereka juga dapat disebabkan oleh runtuhnya kaldera (pergerakan tektonik dari aktivitas gunung berapi, kegagalan sisi ke sumber air atau debit aliran piroklastik ke laut).

Ketika gelombang terbentuk, ia bergerak dalam arah vertikal dan bergerak dengan kecepatan besar di perairan yang lebih dalam dan dapat mencapai kecepatan secepat 650 mph.

Sementara di air dangkal masih bisa secepat 200 mph karena mereka melakukan perjalanan di atas landas kontinen dan menabrak tanah.

Hanya saja kekuatannya tidak berkurang ketika mereka menghantam daratan.

Dilaporkan sekitar 5 persen dari tsunami terbentuk dari gunung berapi dan sekitar 16,9 persen dari kematian akibat gunung berapi terjadi dari tsunami (Tanguy, J.C. 1998).

Tsunami yang berasal kebanyakan efek vulkanik dapat mempengaruhi area yang lebih besar, lebih dari 25 km.

Ukuran dan kekuatan gelombangnya besar ketika menuju ke darat, tetapi sangat kecil di perairan terbuka. (Thorarinsson, S. 1979 dan Latter, J.H. 1981).

Baca Juga : Jinichi Kawakami, Ninja Terakhir di Jepang yang Masih Mampu Mendengar Suara Jarum Jatuh

Krakatau

Pada 27 Agustus 1883, ketika Krakatau meletus, ia menyebabkan tsunami vulkanik terbesar dan paling berbahaya dalam sejarah.

Tinggi gelombangnya mencapai 40 meter.

Gelombang terbentuk tepat satu menit setelah letusan dan kemudian 15 menit kemudian, gelombang terbentuk dengan kekuatan besar.

Bahkan permukaan laut di seluruh dunia menjadi naik (Choi, B.H. 2003.).

Akibatnya, kejadian ini telah menewaskan lebih dari 36.000 orang dan ternak yang tak terhitung jumlahnya (Tanguy, J.C. 1998).

Tidak hanya itu, dilaporkan ada ledakan kedua ketika ruang magma runtuh yang memungkinkan air laut mengalir ke ruang magma membentuk tsunami kedua.

Tetapi gelombang yang yang dihasilkan lebih kecil. Hanya sekitar 10 meter.

Baca Juga : Jinichi Kawakami, Ninja Terakhir di Jepang yang Masih Mampu Mendengar Suara Jarum Jatuh

Kasus lain yang mirip

Pulau Thera, yang sekarang dikenal sebagai Santorini, di Yunani meletus pada 3600 SM.

Itu adalah salah satu dari lima pulau vulkanik yang terletak di sepanjang busur Hellenic.

Saat itu, kaldera runtuh ke laut dan gelombang raksasa melintasi Laut Aegea Selatan sejauh pantai barat Turki dan Kreta.

Deposit mengandung makro dan mikrofosil dari sedimen laut dalam, piroklastik dan banyak batu apung (yang dikenal sebagai homogenit) jadi bukti tsunami karena aktivitas gunung berapi (Carey, S. 2001).

Tercatat tinggi gelombang mencapai lebih dari 17 meter. Padahal awalnya hanya 1,9 meter. Di daerah lain di dekatnya, tinggi gelombang antara 7 dan 12 meter (McCoy dan Heiken, 200.).

Akibatnya, banyak dari daerah yang secara langsung mengelilingi Thera runtuh karena tekanan ombak atau tersingkir karena bahan piroklastik.

Sekarang, kita hanya dapat melihat sebagian sisa-sisa daerah tersebut ketika air surut dan mereka mencuat dari air.

Tidak ada perkiraan saat ini jumlah kematian di wilayah tersebut. (Mentari DP/Intisari)

Artikel ini telah tayang di Intisari.grid.id dengan judul Letusan Krakatau 1883 Jadi Tsunami Vulkanik Terbesar, Bukti Bahwa Tsunami Karena Aktivitas Gunung Berapi Memang Sangat Mematikan

Baca Juga : Bayi Tewas Tercekik Kalung, FDA Peringatkan Orangtua Tidak Pakaian Perhiasan pada si Kecil

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Sumber : intisari

Baca Lainnya