Banyak yang Belum Tahu, 8 Fakta SpongeBob SquarePants Ciptaan Stephen Hillenburg yang Baru Saja Meninggal

Rabu, 28 November 2018 | 16:47
VIACOM INTERNATIONAL MEDIA NETWORKS

SpongeBob awalnya bernama SpongeBoy

Suar.ID -Sekitar satu dasawarsa yang lalu, SpongeBob SquarePants dan Bikinin Bottom-nya mulai mencuri perhatian khalayak.

Kabarnya, penghasilan SpongeBobs di seluruh dunia pada 2016 saja mencapai 140 juta dolar AS (lebih dari Rp2 triliun) dan merupakan adaptasi animasi film terlaris kelima yang pernah ada.

Para pencinta serial SpongeBob baru saja berduka cita. Stephen Hillenburg, sang pencipta, meninggal dunia di usia 57 tahun padaSelasa (27/11) di Amerika.

Baca Juga : Gelar Pesta Nikah dengan Doorprize Mobil Jaguar, Dari Sini Sumber Kekayaan Keluarga Cayadi Crazy Rich Surabaya

Hillenburg berlatar belakang pendidikan perencanaan sumber daya alam dengan fokus sumber daya laut.

Predikat itu pernah dia gunakan untuk mengajar Biologi Kelautan di Orange County Marine Institute.

Tapi, Hillenburg juga suka menggambar.

Ia pernah menciptakan buku komik yang disebut Intertidial Zone—yang disebut sebagai versi awal SpongeBob.

Ketika dia bekerja sebagai direktur kreatif untuk serial animasi Nickelodeon, Rocko’s Modern Life, teman-temannya sesama animator melihat potensinya yang besar.

Menarik untuk tahu lebih dalam tentang animasi satu ini:

1. Nama Asli SpongeBob adalah SpongeBoy

Judul awal serial animasi ini adalah SpongeBoy Ahoy! SpongeBoy adalah nama yang dilindungi hak untuk alat pel.

Namun Hillenburg memastikan memilih “spons” untuk nama tokoh utamanya karena khawatir anak-anak salah mengiranya sebagai sepotong keju.

Baca Juga : Mirip Hotel, Begini Megahnya Rumah Crazy Rich Surabaya yang Gelar Pesta Pernikahan Mewah di Bali

2. Patick awalnya ditetapkan sebagai pemilik bar yang pemarah

Karakter bintang laut pertama kali digambar ketika Hillenburg dan Derek Drymon, direktur kreatif SpongeBob, sedang melakukan storyboarding pada proyek ini.

Sebelum menjadi si Patrick Star yang menggemaskan, bintang laut di cerita pertama “punya chip besar di pundaknya karena dia merah jambu”.

Dia juga didapuk sebagai pemilik bar di tepi jalan dan seorang “bikin onar”.

Twitter @channelfred
Twitter @channelfred

Stephen Hillenburg meninggal dunia

3. Squidward secara teknis bukan “cumi-cumi”

Squidward Q. Tentakel yang dikenal sebagai “jelmaan” cumi-cumi atau gurita sejatinya hanya punya enam kaki. Para animator memutuskan untuk tidak menambah kaki karena akan membebani secara visual.

Baca Juga : KNKT Umumkan Laporan Awal Jatuhnya Lion Air JT6610: Penyebabnya Banyak dan Memang Tak Layak Terbang

4. Karakter ikan “My Leg” punya nama: FRED

Nama Fred terungkap dalam episode “Patty Hype”. Dia dikenal dalam berbagai episode hanya dengan “My Leg” ketika berada di bawah tekanan.

5. Justin Timberlake ditolak untuk nyanyi buat SpongeBob

Untuk soundtrack film, Avril Lavigne menyanyikan lagu punk-pop vers Kanada, sementara Jeff Tweedy menulis lagu asloi Wilco “Just a Kid”.

The Flaming Lips datang dengan lagu “SpongeBob and Patrick Confront Wall of Energy Psychic,” di mana frontmannya,Wayne Coyne, awalnya membayangkan berduet dengan Justin Timberlaki, tapi ditolak Hilleburg.

“AKu tidak ingin orang-orang aneh komersial semacam dia ada di sini,” ujarnya.

6. Jamur yang baru ditemukan diberi nama SpongeBob

para peneliti di San Francisco State University membaptis spesies baru jamur dengan Spongiforma squarepantsii pada 2011 lalu, karena dianggap mirip dengan karakter SpongeBob.

7. Kelompok konservatif menyebutnya sebagai “propaganda homoseksual”

Sebuah video tahun 2005 dimaksudkan untuk mempromosikan toleransi dan keragaman yang menampilkan SpongeBob dan Patrick disebut sebagai instrumen propaganda gay.

Baca Juga : Ramalan Zodiak Hari Ini: Rabu, 28 November 2018, Ekonomi Gemini sedang Bagus dan Pesona Aquarius Sedang di Puncak

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal pada 2002 Hillenburg mengatakan, meskipun semua karakternya aseksual, ia percaya bahwa sikap SpongeBob murni soal toleransi.

8. Serial Nickeloeon terpanjang yang pernah ada

Serial SpongeBob sudah lebih dari 200 episode, mengungguli serial Rugrats yang tayang dalam 172 episode. Itu belum termasuk filmnya, sekual 3-Dnya dan lain sebagainya.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya