Viral di Media Sosial, Beginilah Wujud Asli Bus Tayo ala Sukoharjo, Jawa Tengah, Mau Naik Cukup Bayar Rp5 Ribu

Jumat, 23 November 2018 | 09:37
Instagram @haviddanang

bus Tayo ala Sukoharjo

Suar.ID - Hai Tayo.. Hai Tayo.. Dia bus kecil ramah.. Melaju, melambat, Tayo selalu senang..

Lirik lagu dari film animasi Tayo the Little Bus ini memang sedang banyak dinyanyikan anak-anak di seluruh Indonesia.

Tidak hanya digemari anak-anak,Tayo juga bisa jadi inspirasi bagi Havid Danang, lurah Gayam, Sukoharjo untuk membuat sebuah bus Tayo asli dan bukan animasi lagi.

Sepekan terakhir ini, di media sosial sedang viral foto bus merah bertingkat dengan tulisan Tayo di bagian depannya.

Baca Juga : Ramalan Zodiak Hari Ini: Jumat, 23 November 2018, Gemini Sedang Tidak Sehat dan Virgo Teringat Masa Lalu

Instagram @haviddanang
Instagram @haviddanang

Tayo ala Sukoharjo

Tapi bus itu nyata dan bukan animasi Tayo. Dalam Tayo the Little Bus memang ada bus berwarna merah yang diberi nama Gani.

Nah, Gani yang satu ini bisa ditemukan di Sukoharjo, tepatnya di Taman Pakujoyo, Kelurahan Gayam.

Bus tingkat berwarna merah ini dicat dan dilukis bentuk mata dan mulut mirip sekali dengan karakter Gani dalam Tayo. Di kaca depan tertulis Tayo yang merupakan akronim dari Taman Pakujoyo.

Baca Juga : Hidup Mewah dan Punya Istri Cantik, Beginilah Fakta Kehidupan Pesumo Sebenarnya

Awalnya foto bus ini diunggah di Instagram @ics_infocegatansolo dan kemudian viral karena bentuk busnya yang benar-benar mirip karakter Tayo.

Lurah Gayam, Havid Danang mengakui kalau bus Taman Pakujoyo (Tayo) ini memang terinspirasi dari tayangan animasi anak-anak asal Korea Selatan itu.

"Sebelumnya saya sudah punya ide membuat kereta wisatra di Taman Pakujoyo. Kebetulan kan saat ini lagi booming bus Tayo. Makanya kemudian saya arahkan untuk membuat bus Tayo saja," kata Havid dilansir dari Kompas.com.

Bus Tayo merah itu akan difungsikan untuk kepentingan wahana pariwisata di Taman Pakujoyo, Gayam, Sukoharjo.

Baca Juga : Jahat, Keluarga di Sudan Lelang Anak Gadisnya Berusia 17 Tahun di Facebook untuk Menikah!

Instagram @haviddanang
Instagram @haviddanang

proses pembuatan bus Tayo ala Sukoharjo

Havid sengaja memberi nama bus ini Tayo lantaran memiliki kepanjangan Taman Pakujoyo dan agar lebih sesuai dengan tema Tayo the Little Bus.

Bus Tayo di Gayam ini dibuat oleh seorang pengusaha bidang pariwisata dan perbengkelan. Hasilnya, tercitpa bus tingkat dua lantai berwarna merah yang unik ini.

Kapasitas bus Tayo ini bisa muat hingga 30 orang. 20 orang menempati bus bagian bawah dan sisanya di atas (tingkat dua).

"Bus ini sengaja dibuat agar wisatawan dapat menikmati pemandangan Taman Pakujoyo. Untuk itu bagian atas bus sengaja dibuat terbuka," kata Havid.

Bus ini nantinya juga akan memiliki jalur khusus yang tidak bersinggungan dengan kendaraan lain.

"Busnya ini karena modifikasi maka dibuatkan trek khusus yang tidak bersinggungan dengan kendaraan lain. Kami sudah mengundang seluruh ketua RT untuk disepakati bersama jalan yang dilalui bus tayo tersebut. Kesepakatan ini dibuat agar saat busnya lewat bisa lancar," lanjut David.

Bus Tayo ini saat ini sedang menjalani uji keamanan dan keselamatan penumpang sebelum resmi diluncurkan.

Instagram @haviddanang
Instagram @haviddanang

interior Tayo ala Sukoharjo

"Bus ini sebagai salah satu pelengkap wahana. Sekali naik, penumpang membayar Rp5 ribu," tambah lurah yang punya akun Instagram @haviddanang ini.

Menurut Havid, sensasi bus Tayo paling terasa kalau naik di dek lantai dua. Dari bus yang tinggnya tiga meter ini, penumpang langsung bisa melihat panorama Taman Pakujoyo.

"Wisatawan bisa melihat areal persawahan yang hijau dan lapangan. Pokoknya penumpang akan senang karena pemandangan yang didapat berbeda dari naik mobil biasa," kata Havid berpromosi.

Nah, kalau tertarik untuk naik bus wisata Tayo di Gayam, bisa langsung datang ke lokasi Taman Pakujoyo Sukoharjo. Bus akan beroperasi tiap hari mulai pukul 08.00 - 19.00 WIB dan akan secara resmi diperkenalkan pada tanggal 25 November besok.

Baca Juga : Waspada, Ini 115 Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Mengandung Bahan Kimia Obat yang Ditarik BPOM

Editor : Aulia Dian Permata

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya