Sering Letakkan Ponsel di Kasur Ketika Tidur, Segera Hentikan Kebiasaan ini Mulai Sekarang Kalau Masih Sayang Nyawa, Bisa Sebabkan Penyakit Mengerikan ini!

Rabu, 23 September 2020 | 08:30
freepik.com

Sering Letakkan Ponsel di Kasur Ketika Tidur, Segera Hentikan Kebiasaan ini Mulai Sekarang Kalau Masih Sayang Nyawa, Bisa Sebabkan Penyakit Mengerikan ini!

Suar.ID -Meletakkan ponsel di dekat tubuh ketika tidur sudah jadi kebiasaan banyak orang.

Tak cuma meletakkan ponsel di dekat tubuh, terkadang kita juga meletakkan ponsel di bawah bantal.

Namun tahukah Anda, kebiasaan yang satu ini ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh kita.

Seperti dikutip dari People melalui Family Doctor pada Senin (1/4/2019), setidaknya ada 6 hal buruk pada kesehatan, jika terlalu sering meletakan ponsel di sebelah Moms ketika tidur.

Baca Juga: Warga Merinding Begitu Temukan 17 Kantong Plastik Besar di Lahan Kosong Ini, Makin Terkejut saat Tahu Isinya Apa, Langsung Geger!

1. Sulit untuk tidur

Ponsel menghasilkan serangkaian gelombang radio, beberapa di antaranya memengaruhi suplai darah ke korteks serebral dan dapat menyebabkan perubahan EEG.

Jika seseorang yang menderita insomnia, ia rentan terhadap gelombang radio ini, sehingga sulit untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Niatnya Cuma Beli Jas Bekas di Pasar Loak, Pria ini Malah Mendadak Jadi Kaya Raya Gegara Temukan Uang Sebesar Rp 71 Juta, Begini Kisahnya...

2. Sakit otak

Smartphone menghasilkan gelombang radio, dan beberapa gelombang bisa diserap oleh otak.

Oleh karena itu, jika Moms meletakkan ponsel di sisi bantal dalam jangka waktu lama, otak akan menyerap lebih banyak gelombang radio.

Sehingga otak rentan terhadap kerusakan, dan rentan merasakan sakit kepala, pusing dan masalah kepala lainnya.

Baca Juga: Pernah Tersandung Kasus Prostitusi Sampai Diputus Pacarnya, Beginilah Nasib Hana Hanifah Sekarang, Jualan Bandeng Demi Menyambung Hidup

3. Gangguan menstruasi

freepik.com
freepik.com

Ilustrasi menstruasi

Kerusakan pada tubuh akibat ponsel akan bervariasi dari orang ke orang, misalnya, ketika ponsel diletakkan di tempat tidur, dampaknya pada wanita berbeda dari orang lain.

Jika wanita meletakkan telepon di tempat tidur untuk waktu yang lama, endokrinnya akan terpengaruh.

Hal ini menyebabkannya rentan terhadap gangguan endokrin, dan bahkan menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita, yang dapat memengaruhi kehamilan wanita.

Baca Juga: Langsung Bikin Geger, Sifat Asli Syahrini Dibongkar Tetangga: Dia Sempat Menjambak Warga saat Kurban, Orang Sini mah, Udah Nggak Mau Tahu!

4. Mempengaruhi sperma

Lain pula dengan pria, radiasi ponsel dapat berdampak besar pada pria bahkan sistem tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria juga bisa berpengaruh terhadap radiasi ponsel untuk waktu lama. Jumlah sperma akan berkurang dan kemungkinan besar kualitas sperma akan menurun.

Baca Juga: Pernah Disebut Rebut Berondongnya Elly Sugigi Irfan Sbaztian, Pedangdut Cantik ini Ternyata Punya Rumah Mewah yang Harganya Capai Puluhan Miliar Rupiah, Terbongkar dari Mana Dapat Duitnya!

5. Memicu Tumor

Tribunnews.com
Tribunnews.com

Ilustrasi Tumor Otak

Ada pandangan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh ponsel menyebabkan sel-sel saraf dalam tubuh manusia mati pada suhu tinggi.

Jika sel tersebut merupakan sel glial stadium lanjut, kelainan akan meningkat dan faktor kesehatan seperti tumor bisa muncul.Baca Juga: Ahok Ngamuk-ngamuk Tahu Ada Bos Pertamina yang Sudah Dicopot dari Jabatannya Tapi Masih Digaji Tinggi hingga 75 Juta Rupiah: Gila Aja Nih, Enggak Ada Kerjaan Dibayar Segitu

6. Osteoporosis

Sebagian besar penyelidikan telah menunjukkan bahwa orang-orang yang meletakkan ponsel mereka di bantal pada waktu yang lama bisa terkena osteoporosis.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk tidur telepon?

Secara umum, ponsel memiliki radiasi, jadi yang terbaik adalah mematikan telepon saat tidur.

Jika harus dalam mode siaga, disarankan untuk meletakkannya 1,5 meter dari tubuh.

Baca Juga: Selama Ini Dituding Numpang Hidup Kakak Iparnya, Syahnaz Pindah ke Rumah Baru Seharga Rp 6 Miliar, Ternyata Inilah Pekerjaan Jeje Govinda yang Tak Kalah Mentereng dari Raffi Ahmad

(Khaerunisa)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul "Sudah Menjadi Kebiasaan Kebanyakan Orang, Hati-hati Taruh Ponsel di Bawah Bantal Bisa Sebabkan 6 Penyakit Ini, Segera Hentikan Kebiasaan Ini".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya