Bak Cari Kesempatan Dalam Kesempitan, Oknum Polisi ini Tilang Turis Jepang di Bali Sebesar Rp 1 Juta Gegara Lampu Motor Tak Menyala, Videonya Pun Kini Viral!

Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:15
Youtube Style Kenzi

Video viral diduga oknum polisi tilang turis asal Jepang di Bali

Suar.ID -Belum lama ini sebuah video menjadi viral di media sosial.

Dalam video ini memperlihatkan aksi salah seorang oknum polisi yang menilang turis Jepang sebesar Rp 1 juta.

Mengetahui hal ini, Polres Jembrana, Bali langsung turun tangan mengangani aksi oknum polisi tersebut.

Oknum polisi inimenilang turis Jepang karena lampu depan motornya tidak menyala.

Baca Juga: Pakar Jodoh Ini Bongkar Alasan Mengapa Banyak Wanita di Jaman Sekarang Semakin Banyak yang Jomblo

Video tersebut lalu diunggah oleh akun YouTube Style Kenji.

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan pihaknya memeriksa oknum polisi yang diduga terlibat pungutan itu.

Dari pantauan di Mapolres Jembrana, oknum polisi yang bersangkutan sudah dipanggil Kapolres, Kamis (20/8/2020).

Saat ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Baca Juga: Jeritan Tangisnya Membuat Polisi Ngeri, Ibu dari 8 Anak Ini Ditemukan Tewas setelah Disiksa oleh Mantan Pacar dengan Batu Paving

"Sudah dipanggil dan berada di ruangan Propam. Kalau memang hasil penyelidikan nanti menunjukkan dia bersalah, maka kita akan proses," ucapnya.

Kapolres Jembrana Ketut mengaku, penindakan akan dilakukan tanpa pandang bulu.

Namun, ia menambahkan, peristiwa itu sendiri dari pengakuan sang oknum yang bersangkutan, terjadi pada pertengahan 2019.

Keterangan di channel Kenji Style menunjukkan, video di-upload pada Desember 2019.

Baca Juga: Mutia Ayu Rilis Lagu 'Itu Saja' Sebagai Kado Pernikahannya dengan Mendiang Glen Fedly, Ungkap Kerinduannya Pada Almarhum: Kangen Kamu, Itu Saja...

"Kami akan informasikan selanjutnya nanti," bebernya.

Dalam tayangan video, sebelum melakukan dugaan memungut Rp 1 juta dari pengendara itu, si oknum melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan SIM dan STNK.

Tangkap layar YouTube style kenji
Tangkap layar YouTube style kenji

Tangkap layar video oknum polisi diduga pungli di Jembrana, Bali

Kemudian, setelah memeriksa dan semuanya lengkap, ia melihat lampu motor bagian depan pengendara tidak nyala alias mati.

Dalam komunikasi dengan bahasa Inggris yang kurang jelas, akhirnya oknum polisi itu terlihat seperti melakukan penilangan.

Baca Juga: Video Tak Pantasnya dengan Sang Pacar Menjadi Viral, Inilah Beberapa Fakta Pacar Adhisty Zara, Ternyata Bukan Orang Sembarangan Loh!

Di situ kemudian muncul bagian yang menyiratkan dugaan si oknum polisi meminta uang sebesar Rp 1 juta.

Setelah itu, si pengendara diperbolehkan melanjutkan perjalanannya.

Akui Perbuatannya

Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan, ada dua anggotanya yang diperiksa.

Keduanya berpangkat Aipda dan Bripka.

Baca Juga: Kepergok Cium Seorang Pria hingga Dituding Penyuka Sesama Jenis, Ivan Gunawan Jawab Tegas saat Diberi Pilihan Ini, Okky Lukman: Ini Baru Anak Laki!

"Untuk saat ini kita ambil keterangan dua orang," katanya saat dihubungi, Kamis (20/8/2020). Menurut Wibawa, kedua anggota itu mengakui perbuatannya.

Saat ini, polisi masih mendalami penggunaan uang Rp 900.000 yang diminta dari turis Jepang itu.

"Ini masih kita dalami dan yang jelas dia sudah mengakui. Bahwa dia melakukan cuman untuk apanya kita masih dalam pemeriksaan," kata Wibawa.

Propam Polres Jembrana juga mendalami peran dari masing-masing polisi tersebut. Wibawa belum memastikan apakah kedua anggota itu terlibat dalam kasus tersebut.

Baca Juga: Kepedean Dapat Restu Anang dan Ashanty, Ternyata Aurel Hermansyah Sudah Buat Perjanjian Ini Bareng Orangtuanya Sebelum Dilamar Atta Halilintar: Belum Tentu Semua Pasangannya Nanti Akan Nyaman

"Nanti kita lihat perannya, apakah cuma satu orang atau dua orang kita belum berani memastikan, masih diperiksa sekarang," kata dia.

Wibawa juga tak mau bicara lebih jauh terkait sanksi terhadap polisi itu.

Propam Polres Jembrana masih mengumpulkan bukti. Namun, Wibawa menegaskan, polisi tersebut terancam dipecat jika memang terbukti memeras turis dengan modus tilang

Peristiwa Tahun 2019

Tangkapan video dugaan oknum polisi tilang turis Jepang Rp 1 Juta(Istimewa)

Kapolres Jembrana menjelaskan, razia itu memang diakui dua oknum polisi tersebut, dilakukan di Polsek Pekutatan, dan memang razia resmi yang dilakukan pihaknya.

Baca Juga: Kepergok Saling Unfollow dan Hapus Foto Berdua, Anya Geraldine dan Ovi Rangkuti Putus Gara-gara Rizky Febian?

Dan dari keterangan yang bersangkutan dua oknum polisi dilakukan di pertengahan 2019.

Ia baru mengetahui mengenai video viral itu, pada pagi tadi sekitar pukul 06.00 Wita ada video viral anggota Pekutatan diduga melakukan Pungli.

"Kemudian anggota itu dipanggil yang saat ini diambil keterangan untuk proses lebih lanjut," ucapnya.

Perintah Kapolda Bali

Menurut dia, karena kejadian ini, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R. Golose pun memerintahkan penindakan tegas jika terbukti melakukan pungutan liar.

Baca Juga: Mengaku Dendam Kesumat Dulu Dihamili Duluan Tapi Pilih Berpisah di Hari 20 Pernikahan, Ayu Ting Ting Sudah Siapkan Pembalasan Dendam pada Enji

Oleh karena itu, maka masalahnya sedang didalami oleh anggota di internal.

Nantinya akan diketahui, pelanggaran yang dilakukan, dari hasil pemeriksaan, apakah termasuk pelanggaran etik atau disiplin.

"Ketika anggota salah maka akan ditindak. Kami di Polres Jembrana kepada seluruh jajaran sudah ditekankan. Ketika berprestasi maka memberikan reward, dan ketika salah maka kami beri punishment," jelasnya.

Bakal Pensiun Tahun Depan

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan, bahwa selain sudah melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Ashanty Mendadak Kesal Aurel Hermansyah Tak Mau Pakai Benda Pemberian Darinya Ini dan Pilih Pakai Cincin dari Atta Halilintar

Memang benar, bahwa salah satu anggotanya itu akan pensiun di bulan Januari 2021 mendatang.

Dan karena upaya memudahkan pemeriksaan, maka anggota itu kini sudah dipindahkan dari Polsek Pekutatan ke Polres Jembrana.

"Ya memang akan pensiun Januari mendatang. Kami akan dalami kembali. Sekarang akan diperiksa. Jadi ada dua anggota yang viral di video tersebut akan diambil keterangannya," ungkapnya, Kamis (20/8/2020).

Menurut Ketut, untuk keduanya diperiksa, apakah ada keterkaitan antara keduanya dalam meminta dan bagaimana proses setelahnya.

Baca Juga: Bukan Didi Riyadi Atau Ivan Gunawan, Ternyata Sosok Pria Beristri Inilah yang Diharapkan Umi Kalsum untuk Jadi Pasangan Ayu Ting Ting

Pihaknya, akan tegas terhadap perbuatan dua oknum anggotanya itu.

"Kami periksa keduanya dengan keterkaitannya terhadap video yang viral itu," bebernya.

Menurut dia, karena kejadian ini, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R. Golose pun memerintahkan penindakan tegas ketika terbukti melakukan pungutan liar.

Oleh karena itu, maka sedang didalami oleh anggota di internal.

Baca Juga: Putra ABG-nya Tengah Dimabuk Cinta hingga Makin Lengket dengan Sosok Ini, Okie Agustina Awasi Gaya Pacaran Sang Anak: Lampu Kuning!

Nantinya akan diketahui, pelanggaran yang dilakukan, dari hasil pemeriksaan, apakah pelanggaran etik atau disiplin.

"Ketika anggota salah maka akan ditindak. Kami di Polres Jembrana kepada seluruh jajaran sudah ditekankan. Ketika berprestasi maka memberikan reward, dan ketika salah maka kami beri punishment," jelasnya.

Baca Juga: Kabar Keretakan Hubungannya Semakin Mencuat, Gisella Anastasia Bongkar Tabiat Wijin Seperti Anak-anak Hingga Singgung Nama Agnez Mo

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Viral Oknum Polisi Tilang Turis Jepang Rp 1 Juta".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya