Follow Us

Peneliti Kaget saat Tahu Tembok Kuat di China yang Berusia Ratusan Tahun Mengandung Campuran Beras Ketan

Adrie P. Saputra - Jumat, 08 Februari 2019 | 08:55
Nanjing City Wall
mb.ntd.tv

Nanjing City Wall

Suar.ID - Anda pasti terkejut bila tahu nasi ketan atau beras ketan adalah bahan rahasia di balik tembok-tembok kuno yang kokoh di China.

Bahkan, menggunakan beras ketan sebagai bahan konstruksi dikatakan sebagai salah satu inovasi terbesar dalam sejarah yang dikembangkan sekitar 1.500 tahun yang lalu dan mungkin lebih lama!

Tembok Kota berusia 600 tahun di Nanjing, juga dikenal sebagai "Tembok Besar Ming" di Nanjing, masih berdiri kokoh, dan dikatakan mengandung campuran jeruk nipis dengan sup ketan.

Menurut National Geographic, temuan ini disimpulkan karena adanya amylopectin — sejenis karbohidrat yang terkandung dalam beras — yang ditemukan di Tembok Kota Nanjing.

Baca Juga : Sama-sama Berpatokan pada Bulan, Kenapa Tahun Baru China dan Tahun Baru Islam Tidak Berbarengan?

Tembok Besar Ming
mb.ntd.tv

Tembok Besar Ming

Tembok itu dibangun pada masa Dinasti Ming (1368–1644), per studi yang dipimpin oleh Dr. Zhang Bingjian dari Universitas Zhejiang di China.

"Studi analitik menunjukkan bahwa mortar (campuran dari semen, pasir dan batu kapur) pada bata kuno adalah sejenis bahan komposit organik-anorganik khusus," jelas Dr. Zhang, direktur Institut Kimia Fisik Universitas Zhejiang, menurut American Chemical Society.

"Komponen anorganik adalah kalsium karbonat, dan komponen organiknya adalah amilopektin, yang berasal dari sup ketan yang ditambahkan ke mortar," tambahnya.

Zhang mencatat bahwa mortar ketan kemungkinan adalah mortar komposit pertama di dunia, yang terdiri dari bahan organik dan anorganik.

Baca Juga : Perdana Menteri Malaysia Batalkan Proyek Infrastruktur yang Dibiayai China: 'Negara Kami Bisa Tambah Miskin Nanti'

Halaman Selanjutnya

mb.ntd.tv Beras ketan
1 2 3

Source : mb.ntd.tv

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest