Follow Us

Spesies Orang Utan Tercerdas di Dunia Hidup di Suak Belimbing Aceh

Suar.id - Minggu, 13 Januari 2019 | 12:00
Ilustrasi orang utan
maxpixel.net

Ilustrasi orang utan

Suar.ID – Suak Belimbing merupakan sebuah wilayah seluas 550 hektar di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser Aceh. Suak Belimbing merupakan sebuah obyek wisata alam sekaligus pusat penelitian dan riset untuk orang utan yang terletak di Kecamatan Kluet Selatan, Aceh.

Saat ini di Suak Belimbing terdapat 110 orang utan yang telah teridentifikasi bahkan telah diberikan nama. Hal itu dipaparkan oleh Subhan, Manager Camp Sumatran Orangutan Conservation Program (SOCP), Sabtu (12/1/2019).

Menurut dia, lokasi Suak Belimbing menjadi lokasi favorit penelitian mengenai orang utan di dunia karena setiap radius 1 kilometer akan terdapat tujuh ekor orang utan mulai dari jantan, betina, dan anaknya.

Sehingga, lokasi Suak Belimbing ini dikenal dengan lokasi dengan populasi orang utan terpadat di dunia.

Baca Juga : Bawa 250 Orang untuk Beri Kejutan Melamar Irish Bella, Amar Zoni: Ayo Kita Cari Ridho Allah

"Di lokasi ini paling sering datang peneliti. Peneliti lokal misal dari Universitas Syiah Kuala, Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan Pante Kulu. Peneliti mancanegara banyak datang dari Jerman," kata Subhan.

Para peneliti tersebut umumnya melakukan penelitian mulai dari perilaku, interaksi induk dan anak, serta interaksi antara orang utan jantan dengan betina, perkawinan, hingga aneka jenis pakan.

Orang Utan paling cerdas

Ilustrasi orang utan jantan dewasa sedang mencari makanan di kawasan hutan Rawa Kluet di Suak Belimbing, di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Selatan, Sabtu (12/01/2018).
(KOMPAS.com/RAJA UMAR)

Ilustrasi orang utan jantan dewasa sedang mencari makanan di kawasan hutan Rawa Kluet di Suak Belimbing, di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Selatan, Sabtu (12/01/2018).

Kompas.com sempat berbincang dengan Ibrahim, peneliti serta ahli tumbuhan dan satwa dari Forum Konservasi Lingkungan (FKL). Menurut Ibrahim, orang utan yang berada di Suak Belimbing merupakan orang utan paling cerdas di dunia.

Baca Juga : Saat Raden Wijaya Menaklukkan Pasukan Mongol yang Ditakuti Kerajaan-kerajaan Besar Dunia

Hal itu dituturkannya berdasarkan penelitian Carel van Schaik dari Wildlife Conservation International (WCI), dimana survei tersebut melibatkan dirinya sebagai asisten peneliti pada tahun 1993.

Source : kompas

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya

Latest