Follow Us

Misteri Penyebab Tenggelammnya Kapal Perang USS San Diego pada Perang Dunia I Akhirnya Dipecahkan

Moh. Habib Asyhad - Jumat, 14 Desember 2018 | 19:28
Kapal Perang USS San Diego yang tenggelam saat Perang Dunia I
Dok. US Navy

Kapal Perang USS San Diego yang tenggelam saat Perang Dunia I

Suar.ID - Kapal perang USS San Diego menjadi satu-satunya kapal perang besar Amerika Serikat yang tenggelam selama Perang Dunia I.

Sekarang setelah hampir 100 tahun menjadi misteri, Nypost.com melaporkan pada Kamis (13/12), para peneliti percaya telah memecahkan penyebabnya: ranjau yang dipasang U-Boot Jerman.

U-Boot adalah singkatan dari Unterseeboot yang merupakan sebutan kapal selam Jerman yang menjadi lawan mematikan kapal-kapal Sekutu selama Perang Dunia I dan II.

Baca Juga : Anjing Pitbullnya Gigit Satpam Hingga Luka Parah dan Serang Anjing Lain Hingga Tewas, Si Pemilik Tak Mau Tanggung Jawab

Sebelumnya, banyak teori bermunculan berusaha memecahkan rahasia yang membuat banyak kalangan penasaran itu—tapi sebagian besar masih lemah.

Dan teori yang baru diajukan dalam pertemuan American Geophysical Union (AGU) ini dianggap paling masuk akal.

Alexis Catsambis, sang presentator, mengatakan, data survei baru—berdasarkan penelitian lanjutan pada arsip-arsip, dampak komputer, model banjir, dan survei area dasar laut di mana kapal itu tenggelam—semua mengarah ke Jerman.

“Warisan dari insiden ini adalah bahwa enam pria kehilangan nyawa pada 18 Juli 1918,” kata Catsambis dalam pernyataan yang diperoleh Fox News.

Catsambis juga mengaku, proyek penelitian ini membuat pihaknya punya kesempatan untuk merangkai cerita secara langsung.

Selain itu, penelitian ini juga untuk memvalidasi fakta bahwa orang-orang di kapal tersebut melakukan semuanya dengan benar, baik dalam melakukan serangan atau dalam merespon.

Baca Juga : Tentara Korea Utara dan Korea Selatan Saling Memasuki Wilayah Masing-masing, Panas Lagi?

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest