Follow Us

Isak Tangis Warga Toraja Sambut Kedatangan 7 Jenazah Korban Kebiadaban KKB Nduga Papua

Suar.id - Sabtu, 08 Desember 2018 | 11:04
Jenazah korban penembakan oleh kelompok separatis kriminal bersenjata Papua, tiba di Toraja Utara, Sabtu (08/12/2018) (KOMPAS.com/AMRAN AMIR )
(KOMPAS.com/AMRAN AMIR )

Jenazah korban penembakan oleh kelompok separatis kriminal bersenjata Papua, tiba di Toraja Utara, Sabtu (08/12/2018) (KOMPAS.com/AMRAN AMIR )

Suar.ID – Sebanyak 7 peti jenazah korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) Nduga Papua tiba di halaman gedung Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja, Rantepao, Toraja utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (08/12/2018) pagi.

Ketujuh jenazah langsung disambut pemerintah daerah kabupaten Toraja Utara, aparat TNI/Polri serta warga setempat.

Isak tangis warga menyambut kedatangan ketujuh jenazah saat tiba di halaman gedung Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja.

Ketujuh jenazah tersebut adalah Agustinus, Alpianus, Carly Zatrino, Anugrah, Dino Kondo, Daniel Karera, dan Markus Allo.

Baca Juga : Dulunya Artis Sinetron, Lela Karlita Kini Jadi Penjual Kopi di Nganjuk

Setelah menjalani prosesi ibadah penghiburan, jenazah langsung diberangkatkan menuju rumah duka masing masing.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menyayangkan kejadian ini. Menurut dia, para korban tengah bekerja membangun roda perekonomian dan budaya di Papua.

"Kami semua menangis karena kejadian ini semestinya tak terjadi, kami semua menyayangkan dan dalam hati kami sungguh-sungguh masih ingin bersama dengan mereka. Mereka akan menjadi contoh yang baik bagi generasi muda Toraja di tengah-tengah pembangunan jalan Trans Papua," ucap Kalatiku seraya menangis, Sabtu pagi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, berdasarkan informasi sementara, terdapat 20 yang tewas, yaitu 19 pekerja dan satu anggota TNI yang gugur, di Kabupaten Nduga, Papua.

Baca Juga : 4 Fakta Kisah Cinta Ratu Wushu Lindswell Kwok, Ibundanya Merasa Dijebak Saat Dimintai Restu dengan Hulaefi

Mereka dibunuh KKB saat membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak di jalur Trans Papua, Kabupaten Nduga.

Akibat kejadian tersebut, proyek Trans Papua yang dikerjakan sejak akhir 2016 dan ditargetkan selesai 2019 itu dihentikan untuk sementara waktu. (Amran Amir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Toraja Utara Menangis Sambut Kedatangan 7 Jenazah Korban KKB Nduga Papua"

Baca Juga : Wanita Nomor Berapa yang Paling Sukses? Jawabannya Menentukan Kepribadian Anda

Source : kompas

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya

Latest