Menurut Studi, Otak Masih Terus Bekerja Selama Beberapa Jam Setelah Kita Mati

Sabtu, 01 Desember 2018 | 19:23
steptohealth

Otak masih terus bekerja sesaat setelah kita meninggal dunia.

Suar.ID -Salah satu pertanyaan besar dalam hidup adalah apa yang akan teradi setelah kita mati.

Akankah kita melihat cahaya putih terang?

Terkait hal itu, sebuah penelitian terbaru menunjukkan hal yang mengejutkan.

Menurut Metro.co.uk pada Sabtu (24/11), studi itu mengungkapkan, ketika jantung berhenti, otak kita akan tetap bekerja beberapa waktu setelahnya.

Baca Juga : Detik-detik Tewasnya Seorang Instruktur Paralayang Jatuh dari Ketinggian Demi Selamatkan Turisnya

Dr Sam Parnia dari Fakultas Kedokteran Universitas Stony Brook yang meneliti soal kesadaran-setelah-kematian memeriksa kasus-kasus serangan jantung di Eropa dan Amerika Serikat.

Menurutnya, ada bukti anekdotal bahwa korban yang selamat dari serangan jantung bisa mendengar apa yang terjadi di sekitar mereka sementara mereka “mati” sebelum “hidup kembali”.

“Mereka bisa mendeskripsikan dokter dan perawat bekerja, mereka percakapan secara penuh, menangkap hal-hal visual yang sedang terjadi, yang tidak akan diketahui oleh mereka,” ujar Parnia kepada LiveScience, seperti dilansir dari Metro.co.uk.

Bahkan lebih mengerikan dari itu, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mereka mendengar diri mereka dinyatakan meninggal oleh dokter.

Di bidang medis, waktu kematian biasanya dihitung ketika jantung berhenti.

Ketika itu terjadi, fungsi otak berhenti “hampir seketika,” kata Dr Parnia.

Fungsi otak ini terutama korteks otak, “bagian berpikir”, tetapi sel-sel otak masih bisa aktif berjam-jam setelah jantung berhenti.

Baca Juga : Hari AIDS Sedunia: Putri Diana yang Mengubah Pandangan Dunia Terhadap AIDS

Melakukan CPR pada seseorang yang jantungnya berhenti akan mengirimkan sekitar 50% darah yang dibutuhkan otak, yang menurut Dr. Parnia cukup untuk memulai fungsinya.

Dia menambahkan: “Jika Anda berhasil memulai kembali jantung, yang merupakan upaya CPR, Anda secara bertahap akan mulai mendapatkan fungsi otak kembali.

“Semakin lama Anda melakukan CPR, jalur kematian sel otak itu masih terjadi—itu hanya terjadi pada tingkat yang sedikit lebih lambat.”

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya